Es dawet ireng Menggunakan pewarna dari Rumput jerami   Leave a comment

Percayakah Anda,Es Dawet Ireng Menggunakan Pewarna dari Rumput Jerami

Asslamualaikum gan,apa kabar semua ?? semoga dalam keadaan sehat wal afiat yah.

nah gan di posting saya ke 3 di bulan ini saya akan kembali membahas tentang kuliner.tetapi kalau kemarin nge-bahas tentang kuliner makanan,kali ini kita nge-bahas tentang kuliner minuman.
Cuaca di siang hari terasa sangat panas,menusuk kulit kita terasa terbakar.keringatan,haus,capek dan lelah cepat menghinggapi ketubuh kita bila beraktifitas outdoor di siang hari.salah satu cara mengurangi dari dampak itu adalah dengan minum melepaskan dahaga,tentunya minuman yang dingin.banyak orang melepaskan dahaga di siag hari dengan minum-minuman berenergi dan softdrink yang instan.ada juga yang lebih memilih sop buah,es doger,es teler dsb nya sampai es cendol.
nah Es Cendol merupakan salah satu minuman pelepas dahaga yang sangat merakyat dan murah harganya.bahan nya sangat simpel,namun enak jika dinikmati.Es Cendol disajikan dengan santan,butiran cendol yg terbuat dari tepung kanji,gula merah cair,sedikit buah-buahan seperti nangka dan ditambahi es.cendol memiliki beragam warna dan nama,di wilayah Jakarta Es Cendol kebanyakan menggunakan butiran berwarna hijau.di wilayah Jawa Tengah dinamai dengan Es Dawet(Cendol bhs jawa nya Dawet) warna nya pun sama juga berwarna hijau dan yang paling terkenal adalah Es Dawet Ayu Banjarnegara.di wilayah Jatim namanya juga Es Dawet namun warna butiran nya Putih.
Nah terus bedanya apa dengan Es Dawet Ireng ??? Es Dawet ireng secara spesifik tak ada bedanya dengan Es Cendol ataupun Es Dawet lainnnya,hanya saja butiran nya saja yang berwarna hitam.dan Es Dawet Ireng ini minuman khas dan asli wilayah Purworejo,Jawa Tengah.
Ada yang unik dalam pembuatan dawet nya,bila Es Cendol atau Es Dawet lainnya dalam pewarnaan dawet nya menggunakan Pandan untuk warna hijau,namun untuk Es Dawet Ireng ini menggunakan Abu Rumput Jerami yang dibakar.lho…..gimana caranya tuh ????
cara pewarnaan nya sangat simpel,pertama-tama carilah Jerami kering yang bersih dan berkualitas bagus,tidak basah,dan kuat.lalu Jerami itu dibakar hingga menjadi abu berwarna hitam,nah abu ini kemudian dilarutkan bersama air.setelah air berwara hitam pekat,disaring air abu nya itu hingga ampas abu nya hilang.nah air abu yang berwarna hitam inilah yang kemudian digunakan untuk pewarnaan dawet.
Soal rasanya gimana ??? soal rasa secara teknis tak ada bedanya dengan Es Dawet yang menggunakan dawet berwarna hijau ataupun putih.namun bila anda peka terhadap rasa memang rasa dawet ireng agak sedikit beda dengan dawet hijau.ya jelas,dawet ireng pake pewarna rumput sedangkan dawet hijau pake pewarna dari pandan.
Jangan ragu dan jangan bimbang,meskipun pewarnaannya menggunakan abu nyatanya belum ada keluhan gangguan kesehatan saat mengkonsumsi Dawet Ireng,aman untuk tubuh.
Es Dawet ireng dapat ditebus dengan harga mulai dari Rp.1000-Rp.3000,dan bila anda ingin menikmati Es Dawet ireng anda bisa mencarinya pada siang hari,namun jangan sampai terlalu sore.karena biasanya jam 4 sore pedagang dawet ireng sudah pada menutup dagangannya.
terus kalau mau beli dimana ??? nah ini dia gan,ane gak bisa ngasi refensi banyak tentang lokasi penjual dawet ireng,yang jelas pedagang dawet ireng gampang ditemui di wilayah pesisir selatan jawa provinsi D.I.Y-Cilacap(Jateng).

Nah gan sekian dulu yah posting dari ane kali ini,kalau agan memang pingin nyobain silahkan saja ke daerah Purworejo,Jawa Tengah.disana gak sulit mencari penjual Dawet Ireng.

Iklan

Posted Oktober 6, 2011 by walin89 in makanan khas surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: